Selasa, 23 Agustus 2011

SDM SEBAGAI AGEN PERUBAHAN



Oleh : Septinus Tipagau
A.    Latar belakang
Professional SDM sebagai agen perubahan di dalam membangun kapasitas suatu perusahaan atau di suatu instansi pemerintahan, untuk menangani tujuan-tujuan tertentu dari pada perubahan tersebut. Maka perlu memastikan bahwa inisiatif individu atau kelompok itu bisa ditentukan, di kembangkan, dan di hasilkan dalam cara yang tepat, bahwa prosesnya suatu perubahan itu bisa di hentikan, di mulaikan dan di sederhanakan. Ini semua adalah proses dan tahapan-tahapan perubahan. Berarti nilai fundamental dalam suatu organisasi itu di perdebatkan untuk di sesuaikan dengan kondisi bisnis yang beruba. Suatu organisasi berkomit untuk berubah maka  mudah juga untuk di lakukan, melalui usaha praktis dan juga semuanya itu yang terlibat dalam perubahan.
Agen perubahan SDM yang sukses mengganti kekuatan dengan pemecahan masalah, perencanaan dengan hasil yang di maksimalkan. Dan takut akan perubahan dengan kegembiraan, yang akan kemungkinan perubahan. Dengan dukungan pemikiran dari professional SDM, banyak organisasi perusahaan atau instansi pemerintah yang telah suksus perubahan dan kebanyakan sampai sekarang belum ada perubahan. General Elektric dan Sears, menunjukkan bahwa agen perubahan SDM dalam tindakan adalah mendorong inisiatif, merekayasa ulang proses, dan membentuk kerangka transformasi kultur. Saat nilai baru muncul untuk perubahan, maka proses kerja perlu di modifikasi dalam control pengembangan bisnis perusahaan atau organisasi.
 Ada beberapa proses penting yang diidentifikasi dalam perubahan itu adalaha; pemenuhan pesana perusahaan, pengenalan produk baru, inteligensi pasar yang cepat, produktivitas, globalisasi dan manajemen supplier. Dalam masing-masing bisnis proses utama yang di audit untuk menemukan area perkembangan. Proses berikutnya membentuk kembali hasil perkembangan dalam cash flow, layanan konsumen, dan semangat karyawan.
A.    Fungsi SDM
Fungsi SDM memainkan peranan utama dalam semua perubahan itu, saat bisnis dilepas dan diperoleh professional SDM membantu dan menentukan nilai asset dan kualitas manajemen bisnis dan untuk mengembangkan proses integrasi atau pemisahan yang tetap. Saat professional bisnis di kembang, professional SDM mengidentifikasi proses SDM, (misalnya susunan karyawan, kompensasi, pelatihan, dan komunikasi) yang perlu dimodifikasi untuk mengimplementasikan proses bisnis yang meningkat. Dan didalam suatu organisasi ada dua fungsi utama SDM yaitu:
1.                             Fungsi SDM sebagai agen perubahan, maka menemukan bahwa karyawan SDM memerlukan visi dan misi untuk membantu mereka didalam mempertahankan komitmen perubehan itu.
2.                             Fungsi SDM menetapka tujuan, menjadi mitra bisnis yang dapat di percaya, nyata dan bernilai tambah.
Jadi peranan DSM perlu mengidentifikasi, bagaimana mengatur perubahan itu bisa terjadi dan dapat berhasil di suatu organisasi perusahan ataupun pemerintahan adalah merupakan salah satu peranan yang paling penting.
B.     Visi dan Misi
Perusahan biro perjalanan wisata, PT. Adventure Cartenzs adalah salah satu perusahan yang mau mengembangkan dan mau mompromosikan hasil-hasil karya Orang MONI seperti; lukisan-lukisan, ukiran kerajinan tangan, serta alam, budaya dan adat masyarakat bersuku MONI pegunungan tengah Papua yang di usaha oleh pribumu/orang Moni  (keluarga kami) sendiri. Untuk mencapai dan mengsuksenya Perusahan perjalanan biro wisata, PT. Adventure Cartenzs tersebut perulunya visi dan misi yang sangat terkait dengan wisata yang bisa dan dapat memaksimalkan kegitan-kegiatan perusahan untuk mengarah kemana perusahan tersebut, dan mau bawah kemana? Maka kami merumuskan visi dan misi adalah sebagai berikut :
a.      Visi
“Mewujudkan PT. Yang terbaik Dalam Pelayanan Pariwisata” di Kabupaten Intan Jaya, Pegunungan tengah Papua.
Makna dari pada yang terbaik adalah indah, rapi, bersih, mutu, menarik dan berkualitas. Berdasarkan makna atau arti tersebut di atas maka kembali kepada SDM sebagai agen perubahan sehingga, SDM benar-benar merangkul dan berperan sebagai mitra agen perubahan yang merubahkan perusahan biro perjalanan wisata tersebut. Dan membuat strategis untuk merubah perusahan ini sehingga bisa dapat berhasil maksimal yang di harapkan oleh perusahan ini. 
b.      Misi
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wisata dan Melestarikan Alam, Seni dan Budaya Dalam Mendukung Pariwisata.
Untuk mendukung dan mencapainya visi dan misi yang telah merumuskan tersebut di atas, maka  terlebih dahulu yang kami perlu melakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan wisata adalah  melestarikan alam, seni dan budaya dalam mendukung pariwisata. Maka di lihat dari pada SDM sebagai mitra agen perubahan, SDM perlu membuat strategi, memotivasi kepada karyawan, andisipasi perubahan-perubahan lainnya, dan membuat strategi kegitan-kegiatan lainya yang bisa berhasil SDM sebagai mitra agen perubahan yang dapat berhasil dan memaksimalkan perubahan di PT tersebut ini.
C.    Produk Usaha dan Jasa
Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa PT Adventure Carstensz bergerak dalam bidang wisata alam dan budaya. Kami telah memiliki dan sedang mengembangkan lebih dalam paket-paket wisata alam yang ada di wilayah dataran tinggi, baik yang masuk melalui Kampung Ugimba maupun kampung di sekitarnya, seperti Sugapa, Ilaga, Hitadipa, dan sebagainya . Selain itu, kami juga mengemas dan mengupayakan paket-paket  wisata dan budaya suku Moni di Kabupaten Intan Jaya Papua.
 Untuk Memenuhi keinginan wisatawan yang beragam dan menarik, maka kami memilah kemasan paket-paket  wisata menjadi tiga, yakni:
  1. Paket Wisata Alam: Cartensz Piramid, Lorentz Park, Penjelajahan Gunung, Penjelajahan Sungai dan Kebun, Danau Tiga, Goa, Flora & Fauna, dan sebagainya.
  2. Paket Wisata Budaya: Bakar Batu, Simulasi Perang, Pembuatan Noken & Sawat, Busur & Panah, Ugai, lukisan-lukisan, ukiran, manic-manik anggrek dan sebagainya.
  3. Paket Wisata Gabungan: merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya.
Niat dan tulus PT Adventure Carstensz dalam mengembangkan dunia pariwisata dan membantu pembangunan masyarakat serta membantu kemajuan perekonomian masyarakat local dan daerah, maka perlu membuat strategi yang di dukung oleh semua pihak . Mami lihat dari pada SDM sebagai mantra agen perubahan maka peranan SDM harus dan sangat bermain untuk menghasilkan perubahan terhadap PT tersebut. Tentu saja, akan dibina dan dikembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan. Selaku pemilik hak ulayat atas wilayah Ugimba, masyarakat dan pimpinan di Kampung Ugimba mempercayakan PT Adventure Carstensz sebagai satu-satunya pengelola wisata dan pemakai jalur jalan yang ada di kawasan tersebut untuk menuju ke Cartensz dan Lorentz.
Sementara PT tersebut hanya menjalankan dan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan disana. Dan ada beberapa hal yang menjadi hambatan adalah sebagai berikut :
1.      Kualitas sumber daya manusianya sangat terbatas,
2.      Tenaga kerjanya hanya dari local,
3.      Hubungan penerbangannya menghambat para wisatawan,
             Dengan demikian kami kembali pada SDM sebagai mitra agen perubahan, maka setelah saya menyelesaiakan study di Magister Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada dengan baik dan dalam waktu yang tepat maka, saya akan perlu mengupayakan langka-langka untuk melakukan dan meningkatkan, untuk mengembangkan PT tersebut agar bisa dapat perubahan.
Untuk mewujudkan visi dan misi PT. Adventure Cartenzs ini setelah saya selesai Magister Administrasi Publik di Universitas Gadjah Mada ini berarti saya akan melakukan dan mengidetifikasi beberapa hal atau factor yang sukses dan perubahan adalah sebagai berikut :
1.      Mencari sponsor untuk mendukung pariwisata dan punya kepimimpinan inisiatif untuk memiliki perubahan.
2.      Menciptakan kebutuhan bersama, memastikan bahwa individu atau pihak-pihak lain mengetahui bahwa mengapa mereka perlu perubahan dan kebutuhan masyarakat (perekonomian local)  setempatpun akan perubahan lebih besar daripada tidak berubah.
3.      Membentuk dan menetapkan visi yang merumuskan itu, agar menghasilkan yang di inginkan perubahan tersebut.
4.      Memobilisasi perubahan bahwa, mengidentifikasi, melibatkan, dan menjajikan stakeholder utama yang harus melibatkan untuk mencapai perubahan.
5.      Mengubah system dan struktur bahwa, susunan karyawan, pengembangan, penilaian terhadap karyawan yang ada, desain organisasi itu, membangun komunikasi, mengubah system, dan sebagainya. Ini semua untuk memastikan bahwa perubahan itu di bangun dalam infrastruktur organisasi.
6.      Membuat rencana strategis organisasi yang jelas dan baik, sehingga mencapai keberhasilan untuk terjadi perubahan.
7.      Membertahankan perubahan, memastikan bahwa perubahan terjadi melalui rencana strategis yang tndak lanjuti, dan komitmen yang terus menerus.
               Dengan harapan saya bahwa PT. Adventure Cartenzs bisa menjadi kunjungan wisata utama di Papua, sehingga kami akan membuat strategi untuk menarik para wisatawan seperti menata baik alam, seni dan budaya serta tujuan-tujuan wisata lainnya. Dan melakukan hal-hal yang sudah menemukan diatas untuk mencapai dan memaksimalkan agar PT. Adventure Cartenzs dapat perubahan. Kami akan kerjasama dengan baik kepada pihak-pihak yang bisa mendukung kami seperti ; Pemerintah daerah Kabupaten maupun Propinsi, Lembaga Masyarakat Adat MONI, pihak Gereja, dan organisasi kemasyarakat lainnya.
D.    Kesimpulan
            Professional SDM sebagai pendorong yang mewujudkan dalam perubahan, SDM sebagai agen perubahan yang memainkan peranan penting, sebagai agen perubahan saat mereka melakukana fungsi sebagai berikut :
1.      Harus bertindak sebagai katalis perubahan, fasilitator perubahan, dan desainer untuk system perubahan.
2.      Melakukan trasformasi dengan melakukannya dalam fungsi SDM.
3.      Mendorong untuk membuat strategi dalam mengembangkan organisasi untuk dapat perubahan.
4.      Membuka jaringan dengan pihak lain untuk melakukan kekerjasaan.
             SDM sebagai agen perubahan sehingga kalau melakukan dengan hal-hal tersebut di atas maka organisas perusahan ataupun pemerintah bisa dapat berhasil dan akan perubahan. Maka saya sebagai putra terbaik yang di harapkan oleh masyarakat saya di Papua, khususnya Kabupaten Intan Jaya, maka saya akan mencoba untuk mengembangkan dengan begitu upayah-upayah yang perlu saya melakukan untuk perubahan kedepan PT.Adventure Cartenzs sebagai perusahan biro perjalanan wisata utama  yang terbaik di Propinsi Papua.